Lowo Ireng Reborn Super Car, Mobil Batmannya Indonesia, dan Kendaraan Listrik Terkini Lainnya, Keren!


Bangsa Indonesia patut berbangga dengan kehadiran Lowo Ireng Reborn Super Car!  Kendaraan yang sekilas mirip dengan mobil Batman ini didesain oleh Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Institut Teknologi Surabaya (ITS).  Selain menciptakan Lowo Ireng, mobil Batmannya Indonesia, ada beberapa kendaraan listrik yang juga dibuat, seperti, mobil listrik EZZY II, Electric Solar Bus, dan motor GESITS.   Yuk, kita kupas lanjut tentang mobil dan motor rncangan tim ITS ini!

Lowo Ireng Reborn Super Car, Mobil Batman-nya Indonesia


Lowo Ireng Reborn Super Car, Super Car buatan Indonesia pertama


 Lowo Ireng Reborn Super Car yang body-nya didesain mirip kelelawar hitam adalah mobil generasi ke-2.  Mobil generasi ke-1 nya adalah Lowo Ireng, demikian tercantum di laman product innovation, website its.ac.id.  Mobil ini berkonsep sporty.

Lowo Ireng Super Car merupakan super car pertama karya anak bangsa, karena hampir 90% part-nya buatan dalam negeri.  Engine Control Unit (ECU) Lowo Ireng Super Car memakai iqueteche.  ECU adalah hasil riset alumni. Sedangkan engine dari LISC masih impor, yaitu Mitsubishi 6A13 Twin Turbo.  Engine buatan Jepang ini memiliki tosi 400 Nm dan berdaya 1300 HP.  

Lowo Ireng dilengkapi dengan android system dan desain interior dalam mobil bergaya sporty.  Wow, tampilan mobil ini, tidak kalah, lho, dengan super car buatan luar negeri! 

Mobil Listrik EZZY ITS II


Mobil Listrik IZZY ITS II


Mobil listrik EZZY ITS II (berwarna merah) adalah pengembangan dan penyempurnaan dari mobil listrik EZZY ITS I (berwarna putih).  Jadi, jika digabungkan, EZZY ITS I dan II melambangkan warna bendera Indonesia, demikian dalam laman its.ac.id.  

Mobil listrik EZZY ITS II memiliki kemampuan yang lebih baik dari EZZY ITS ITS I, seperti peningkatan kecepatan maksimum dari 50 kilometer per-jam menjadi 180 kilometer per-jam.  Daya jelajah yang meningkat dari hanya mampu berjalan dengan jarak tempuh 25 km per-sekali charge menjadi 130 km untuk sekali charge dengan baterai sebesar 20 KWh.  Pendistribusian berat pada EZZY II lebih baik, sehingga ketika mobil dikendarai, nyaman dan memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik.

Electric Solar Bus


Electric Solar Bus, bus transportasi umum di wilayah Kampus ITD


Electric solar bus adalah angkutan umum massal masa depan.  Bus buatan ITS ini disponsori oleh Telkomsel dan dilengkapi oleh wifi dan AC (Air Conditioning) sama dengan bus lainnya, namun bedanya terdapat pada bahan bakar listrik dan tenaga surya.

Pengoperasian bus ini diharapkan bisa mengurangi polusi udara, mengurangi global warming, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.  Di masa yang akan datang, bus ini akan digunakan untuk mobilitas mahasiswa di dalam wilayah kampus.

Motor GESITS

Motor GESITS, kerjasama antaran PT. Garasindo dan ITS


Motor GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) merupakan hasil kerjasama antara PT. Garasindo dan ITS.  GESITS adalah sepeda motor berjenis skuter matic yang pertama di Indonesia.  

Sepeda motor ini diprediksi akan menjadi pemimpin pasar sepeda motor listrik di Indonesia, bahkan menguasai pasar ASEAN (Asia Tenggara).

Sepeda motor ini menggunakan baterai Lithium Ion berkekuatan 1.980 WH dan menggunakan listrik yang menggunakan daya motor sebesar 5 KW.  Jarak tempuh antara 80 sampai dengan 100 km per-sekali charge.  Baterai motor ini memerlukan waktu antara 1,5 sampai dengan 3 jam sampai kapasitas penuh.  Kecepatan maksimalnya sama dengan motor berbahan bakar bensin, yaitu 100 jam.  

Harga motor listrik matic GESITS sebesar Rp. 24,95 juta, sedangkan yang bekas berharga antara Rp. 16 juta sampai dengan Rp. 18 juta tergantung pada kondisi motor dan wilayah penjualan motor ini.

Pompa Listrik


Pompa Listrik


Bahkan pompa listrik pun disediakan oleh ITS.

Nah, sudah banyak pilihan nih, untuk kendaraan listrik, antara mobil Batwan Indonesia, Lowo Ireng Reborn Super Car, mobil IZZY ITS II, dan motor GESITS. Jadi, kendaraan buatan Indonesia mana ya, yang akan kalian beli?  Silahkan isi di kolom komentar!












21 comments:

  1. Keceh banget mobilnya, semacam ga percaya itu buatan Indonesia.
    Kereeennn.
    Anak-anak ITS ini beneran bikin kagum banget ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, SDM Indonesia nggak kalah dari SDM luar

      Delete
  2. Emang keren banget yaaa... bunyinya gimana ya... halus banget kynya ya..

    ReplyDelete
  3. Bagus sekali sangat kreatif dan bisa mengurangi polusi udara

    ReplyDelete
  4. Bagus bgt.. karya anak bangsa..kapan bisa di oakai ya itu??

    ReplyDelete
  5. depyr30@gmail.com15 October 2019 at 04:20

    Sangat menginspirasi bgt

    ReplyDelete
  6. Bagus untuk mengurangi polusi...

    ReplyDelete
  7. Keren bgttt, Ininih yg memotivasi diri sendiri, Karna anak indonesia ga kalah pinter sm anak luar. Sukses trs dan Tetap semangatttt buat anak anak indonesiiaaaaaaa!!!!!

    ReplyDelete
  8. Bagus banget karya anak bangsa yang harus dikembangkan

    ReplyDelete
  9. Kreasi anak bangsa yang sangat luar biasa

    ReplyDelete
  10. Wow..keran banget,ini nih yang menjadi memotivasi diri untuk tetap berkarya. Karna anak indonesia tidak kalah pintar sama anak luar. Tetap semangat buat anak-anak indonesia.

    ReplyDelete
  11. Wah keren banget karya anak bangsa. Ini harus di dukung dan dikembangkan,bisa mengurangi polusi

    ReplyDelete
  12. Dwi Retno Awaningsih15 October 2019 at 04:39

    Memang pak sandiaga sangat hebat sekali. Selain tampan dan sukses, beliau tetap rendah hati. Panutan sekali untuk para pemuda terutama pemuda indonesia.

    ReplyDelete
  13. Aryanti Rezalina Asri15 October 2019 at 04:41

    Waaah keren banget karya anak bangsa.. Karya-karya seperti ini yang harus didukung oleh masyarakat terutama negara. Bisa mengurangi nilai impor kendaraan juga dan mengurangi polusi udara yg menjadi masalah bedar di negara kita saat ini.. Terima kasih sudah sharing blog ini bu sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Bagus banget, bangga deh anak indonesia bisa berkarya sekeren ini. Smoga anak bangsa lainnya bisa termotivasi stlah liat blog ini.

    ReplyDelete
  15. Sangat bagus dan cocok untuk negara Indonesia, terutama untuk di kota kota metropolitan. Karena dengan adanya tenaga tersebut bisa mengurangi polusi udara dan lapisan ozon di bumi akan semakin tebal. Dan Indonesian akan menjadi negara yang berpolusi paling bersih dan hilang dari urutan negara dengan polusi yg banyak

    ReplyDelete
  16. Semoga pemerintah Indonesia terus mendukung karya anak bangsa seperti membuat kendaraan listrik ini, karena perusahaan otomotif besar didunia pun belum lama mulai membuat, dengan ini Indonesia masih bisa mengejar dan membuat produk sendiri seperti Malaysia yang sudah di ekspor

    ReplyDelete
  17. Mobil listrik buatan anak bangsa ini Bagus bisa mengurangi polusi diudara dan juga bebas polusi suara

    ReplyDelete
  18. Wahhh keren banget karya anak bangsa... sangat kreatif dan sangat menginspirasi banget

    ReplyDelete
  19. Wow..keren banget,ini nih yang menjadi memotivasi diri untuk tetap berkarya. Karna anak indonesia tidak kalah pintar sama anak luar. Tetap semangat buat anak-anak indonesia.

    ReplyDelete