Joeragan Artikel, Belajar, Bersosialisasi, dan Berbisnis

Belajar dan membaca adalah hal yang saya sukai.  Pernah bekerja dan kemudian memutuskan untuk memiliki bisnis rumah makan yang akhirnya mengalami kebangkrutan, hal yang sangat membuat sesak, betapa tidak, hampir seluruh tabungan sudah tercurahkan ke bisnis ini ditambah dengan hutang bank yang melilit pinggang.

Namun semua itu tidak menyurutkan hasrat untuk belajar, sampai akhirnya bertemu dengan komunitas menulis yang dibina oleh Joeragan Artikel (JA) terdiri dari emak-emak kece, kreatif, dan suka berbisnis tentunya.

Bergabungnya saya dengan JA, dimulai dengan belajar menulis artikel untuk dimuat di media online.  Bagi saya, bergabung dengan JA memberikan banyak manfaat.

Apa saja ya manfaat bergabung dengan JA?


1. Materi yang menarik
Materi yang pernah saya ikuti, yaitu jebol media, materi yang menjelaskan tentang membuat artikel, sehingga bisa dimuat di media, khususnya media online, seperti takaitu.net.  Yang buat bangga adalah 3 buah artikel saya dapat dimuat di media online dengan target pasar remaja tersebut.   Hal ini makin membuat semangat belajar dan bergabung dengan emak-emak yang penuh motivasi di JA.

Ternyata pemateri di training online JA oke-oke, lho, Friends! Pemateri biasanya punya beberapa kegiatan, seperti Piet Genta adalah penulis di beberapa media online, dan juga ghostwriter.  Pemateri Sri Kuswayati atau yang beken dengan Ummi Aleeya sekaligus pendiri JA, selain juga bekerja di sebuah sekolah tinggi di Bandung, hebat, bukan? Saya pernah ikut training membuat Microsite dengan Ummi Aleeya yang sabar sekali menjawab kecerewetan emak-emak peserta training yang kerap mengalami kesulitan.  Namun kesabarannya membuahkan Microsite cantik karya emak-emak, hebat, bukan?

3. Adanya masa pendampingan
Nah, ini yang berbeda dari tempat training online lainnya.  Di JA, peserta memiliki masa pendampingan untuk memiliki karya yang biasanya selama seminggu.  Pada masa itu, peserta dapat berkonsultasi tentang karya yang sedang dibuat sampai jadi

4. Adanya komunitas alumni
Komunitas alumni JA menjadi wadah bagi alumni training online untuk lebih mengoptimalkan kemampuan dan mengembangkan kemampuan menulis serta bisnis yang mereka miliki.  Seperti adanya komunitas blogger, dimana sesama pemilik blog melakukan blog walking/membaca artikel di blog rekannya serta memberikan komentar yang membangun untuk artikel rekan bloggernya.  Ada juga komunitas pemasaran bersama yang saling mensupport pemasaran  bisnis rekannya.

Buku Antologi dengan judul Bukan Matahari Terakhir, Kartini Era Milenial
Sampai saat ini saya sudah punya 2 blog, https://www.catatanevalina.com dan https://educationartikeltips.blogspot.com, 1 microsite bisnis, sedang proses membuat 3 buah buku antologi dengan 24 rekan lainnya dengan tema Kartini milenial, Umroh, dan Hijrah.  Terimakasih Joeragan Artikel, semoga dapat semakin banyak menginspirasi wanita Indonesia.

Saya sudah gabung dengan Joeragan Artikel, kalau kamu kapan gabung, Friends?









21 comments:

  1. Baru denger tentang Juragan Artikel. Ini komunitas penulis? Atau komunitas blogger?

    ReplyDelete
  2. Aku juga pingin ikutan training ini mbak. Tapi masih galau. Takut gabisa ngikutin kelasnya. 🙈

    ReplyDelete
  3. Beberapa kali sih mendapat informasi tentang Joeragan artikel, pingin ikut tapi belum sempat karena harus berbagi dengan kesibukan nulis dan mengurus anak, next pingin ikutan tapi yah itu harus konsisten dan komitmen yah, namanya juga ibu-ibu, banyakan kerjaan di sambi-sambi.

    ReplyDelete
  4. So far belum berani gabung sama komunitas lagi Mba. Soalnya susah bagi waktunya. Hehehe. Pernah gabung sama salah satu komunitas, malah terabaikan, jadi ga enak jg ke temen temen itu.

    ReplyDelete
  5. wah pematerinya Ummi Aleeya dari Bandung ya mba? karena kerja di Bandung duh pengen ikutan nih gabung di JA

    ReplyDelete
  6. udah sering banget denger JA, pernah sekali ikut training dubber secara online, dan dari training ini Alhamdulillah bisa ikut casting dan dapet job. Eh tapi ini itungannya saya baru peserta pelatihan atau udah gabung JA sih mb?

    ReplyDelete
  7. Aku sudah gabung, emang keren materi2nya

    ReplyDelete
  8. Beberapa kali denger soal JA ini dr status temen2. Tapi gak tau cara gabungnya gmn? Apakah semacam komunitas yang siapaun bebas masuk atau kita perlu bayar utk training2nya gtu ya?

    ReplyDelete
  9. wah bagus ini, ada pemateri yg oke dan ada pendampingan juga, aku sampe skrg masih blm bisa nulis bagus, hehe

    ReplyDelete
  10. Wah aku baru tau tentang ini, pematerinya juga mumpuni ya mba, orang Bandung wajib daftar ni

    ReplyDelete
  11. Keren banget ini mbak Eva bisa ikutan belajar online dengan Joeragan Artikel, jadi ini tuh semacam belajar nulis juga ya mbak. Semoga diberi kelancaran ya mbak untuk pembuatan bukunya.

    ReplyDelete
  12. Wow hebat mba eva banyak karyanya. Salut aku. Semoga lancar ya mba untuk buku -bukunya yang sedang dibuat. Sepertinya aku juga harus banyak belajar menulis.

    ReplyDelete
  13. wah aku penasaran sama joeragan artikel ini kayaknya seru ya, pengen deh ikutan

    ReplyDelete
  14. Saya jebolan Joeragan Artikel dan sangat merasakan manfaatnya. Sukses terus buat JA dalam membersamai para perempuan Indonesia dalam memaksimalkan potensinya!

    ReplyDelete
  15. Gimana caranya kalaiu pengin ikutan gabung, kak?
    Pengin juga dapet ilmu yang berkah seperti di JA.

    ReplyDelete
  16. Baru denger tentang Juragan Artikel. Ini komunitas penulis? Atau komunitas blogger? Gimana cara gabungnya kak ...

    ReplyDelete
  17. Kak, akun resmi JA di sosmed yang mana yah? Soalnya aq pernah sewrching dan DM di salah satu akun, tp gk ada respon, tertarik banget pengen gabung

    ReplyDelete
  18. Yeay keren. Makin banyak aja ya perempuan yang produktif dengan menulis. Bisa sambil mengurus keluarga pula. :)

    ReplyDelete
  19. Dari tahun 2017 an deh aku udah kepo banget sama JA ini, hingga sekarang aku belum bergegas buat ikutan training d JA
    semoga dmudahkan buat ikutaan

    ReplyDelete
  20. Komunitas JA ini aku aja baru denger hehehe, ternyata komunitasnya untuk maju bersama2 yah. Saling support satu sama lain kan yah dalam komunitas tsb?

    ReplyDelete
  21. Wah kalau mau ikutan gabung berarti harus aktif berbisnis ya? Seru juga ya, saling support di dalam satu komunitas yang positif

    ReplyDelete