Ini, Lho, 6 Manfaat Hutan Mangrove! Nomor 3 Menambah Pengetahuan, Selain Wisata!

Hutan mangrove merupakan hutan yang banyak ditemukan di daerah muara sungai dengan struktur  tanah rawa dan atau padat.  Ternyata hutan mangrove punya banyak manfaat, lho, baik bagi manusia, hewan, atau pun lingkungan.  Oleh sebab itu, mangrove adalah pelindung lingkungan yang sangat besar, apalagi saat ini kawasan hutan sudah semakin berkurang!  Salah satu manfaat yang paling disukai dari hutan Mangrove adalah untuk menambah pengetahuan, selain tentunya manfaat untuk wisata, oke banget, bukan?

Manfaat Hutan Mangrove

Hutan mangrove memiliki sangat banyak manfaat bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan alam disekitarnya.  


Manfaat hutan mangrove

Hutan yang biasanya ada di daerah rawa ini merupakan sebuah ekosistem hutan, terdiri dari kelompok pohon yang dapat hidup dalam lingkungan yang memiliki kadar garam tinggi.  Hal ini karena biasanya hutan ini berada di kawasan pantai atau perbatasan antara daerah sungai dan laut.  

Hutan mangrove memiliki penampakan seperti semak belukar raksasa yang memisahkan antara daratan dan lautan.  Salah satu ciri-ciri tanaman mangrove, yaitu memiliki akar yang timbul ke permukaan. 

Ciri-ciri lain hutan mangrove antara lain:
1. Hutan tidak terpengaruh dengan jenis iklim
2. Tanah pada hutan tergenang oleh air
3. Tidak memiliki struktur tajuk 
4. Tanah rendah pantai
5. Biasanya memiliki jenis-jenis pohon pedada (Sonneratia sp), api-api (Avicenia sp), lacing (Bruguiera sp), bakau (Rhizophora sp), nipah (Nypa sp), nyirih (Xylocarpus sp), bluntas (Pluchea indica), flamboyan (Delonix regia), dadap (Erythrina variagate), kedondong laut (Polysia frutucosa).

O, iya, ada perbedaan lho, antara istilah hutan bakau dan hutan mangrove, tanaman bakau adalah bagian dari tanaman mangrove, jadi hutan bakau adalah salah satu jenis hutan mangrove.  Sedangkan mangrove adalah semua jenis tanaman yang hidup di sekitar garis pantai dan dapat hidup di lingkungan yang berkadar garama tinggi, termasuk salah satunya bakau.  


3 manfaat hutan mangrove yang pertama

1. Sebagai sumber plasma nutfah


Plasma nutfah adalah salah satu kekayaan alam berharga dari kehidupan untuk perbaikan jenis-jenis satwa komersial atau pun satwa liar di masa yang akan datang.  Plasma nutfah memiliki manfaat yang sangat besar, hal ini merupakan pendukung kemajuan teknologi ilmu pengetahuan dan untuk mendukung pembangunan suatu wilayah.

2. Tempat berkembang biak (pemijahan), wilayah asuhan (nursery), tempat makan (feeding), serta tempat berlindung satwa liar


Hutan mangrove juga merupakan tempat berkembang biak, merupakan wilayah tempat berkembang biak, tempat mencari makan, juga sebagai tempat berlindung satwa liar.

Sebagai tempat berkembang biak, baik bagi hewan maupun tumbuhan.  Hal ini karena lingkungan hutan mangrove mendukung bagi perkembangbiakan hewan atau pun tumbuhan komersial dan hewan atau pun satwa liar.

Hutan mangrove pun merupakan tempat yang aman bagi pengasuhan hewan dan tumbuhan, dan juga merupakan tempat mencari makan yang tepat bagi hewan dan tumbuhan.  Nutrisi hewan dan tumbuhan banyak tersedia di hutan ini.  Selain itu, hutan ini pun juga tempat berlindung yang tepat bagi satwa liar, sehingga terlindung dari ancaman perburuan atau pun kepunahan. 

3. Mempunyai potensi sebagai kawasan wisata alam


Hutan mangrove membentuk paduan yang indah dan cantik dari aneka tanaman dan hewan yang hidup di dalamnya.  Hal ini juga membuatnya cocok sebagai kawasan wisata alam.  Selain lingkungan yang indah dan nyaman yang ada di kawasan ini, udaranya pun segar, hal ini membuat pengunjung senang berlama-lama menikmati suasana di kawasan ini.

Tanamannya yang berakar menyembul di permukaan, kawanan burung yang berterbangan bebas, hewan-hewan air yang hidup bebas, dan pemandangan yang asri mendukung hutan mangrove sebagai kawasan wisata alam.  Hal ini juga mendorong para pelajar dan masyarakat menambah pengetahuan tentang segala sesuatu yang terkait dengan kawasan wisata alam ini.

3 manfaat hutan mangrove yang kedua

4. Mitigasi perubahan iklim, karena mangrove menyerap CO2


Menurut penelitian, 1 hektar hutan mangrove dapat menyerap 110 kg karbondioksida (CO2).  Tanaman mangrove menyerap dan menahan karbondioksida dan mengeluarkan oksigen (O2), sehingga hutan mangrove memitigasi perubahan iklim.  Dalam skala besar hutan mangrove dapat memperbaiki kadar polusi yang terjadi di wilayah sekitarnya.


5. Mempunyai potensi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan konservasi


Nah, yang ini salah satu peran hutan mangrove bagi pendidikan, lho!  Yaitu, hutan mangrove dapat sebagai tempat praktek pengamatan tentang keadaan tanaman, hewan dan lingkungan terkait misalnya dengan ilmu Biologi.  Hutan ini juga dapat juga sebagai tempat penelitian perilaku berkembang biak atau perilaku mencari mangsa dari hewan di dalamnya.  

Hutan mangrove bisa juga jadi tempat meneliti perkembang-biakan tanaman.  Manfaat lain hutan ini adalah sebagai tempat konservasi berbagai jenis hewan dan tanaman.


6. Sebagai penghasil bahan organik dan bahan baku industri


Hutan ini juga merupakan penghasil nutrisi yang bisa menyuburkan perairan lautm baik anorganik atau pun nutrisi organik.  Oleh karena tingginya rata-rata produksi primer hutan mangrove, hutan ini bisa menjaga kelangsungan populasi kerang, ikan dan hewan air payau lainnya.  Hutan mangrove menjadi tempat perkembangbiakan serta pembesaran populasi hewan air payau ini.

Sebagai penghasil bahan baku industri, hutan ini menghasilkan batang kayu dan kulit kayu yang bermanfaat untuk produksi tekstil dan kertas.

Banyak sekali ya manfaat hutan mangrove, baik bagi tanaman, hewan, manusia, maupun bagi lingkungan dan industri.  Yuk, kita jaga dan lestarikan lingkungan hutan mangrove yang ada di sekitar kita!






15 comments:

  1. jadi mangrove bisa digunakan sebagai pembuat kertas?

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen lagi jalan-jalan ke hutan mangrove. Cuma enggak kuat nyamuknya hehehehe. Dulu zaman sekolah lumayan sering juga penelitian ke konservasi hutan mangrove di Priuk sama Bogor 😁

    ReplyDelete
  3. Di tempat q Papua juga banyak mbak tetapi blum di manfaatkan secara maksimal di sini biasa di gunakan tempat memancing, cari kerang dan karaka/kepiting hehe

    Terkadang masyarakat cari buaya di magrove karena habitatnya, kulitnya mahal untuk bahan kerajinan.

    ReplyDelete
  4. Mangrove memang tanaman yang sangat bermanfaat bagi alam dan manusia. Aku pernah penelitian di hutan mangrove dan sekarang populasinya mulai berkurang

    ReplyDelete
  5. yang menambah pengetahuan nih sering terlupa. wisata ke hutan mangrove yang diinget foto dan jalan-jalan aja hihihi

    ReplyDelete
  6. aku kepengen banget jalan-jalan ke hutan mangrove tapi cemen kalo mesti bawa anak2 hehehe

    ReplyDelete
  7. Jadi inget jelajahi salah satu hutan magrove Bali saat kuliah lapangan. pengen lagi jalan-jalan ke magrove tapi buat berwisata ria hehe

    ReplyDelete
  8. Aku pernah berkunjung di hutan Mangrove di daerah Rembang, sayangnya waktu itu baru sekedar paham kalau Mangrove melindungi abrasi..nice info mbak..

    ReplyDelete
  9. Wah malah baru tahu tenyata mangrove dan bakau itu beda ya. Kirain mangrove itu nama lainnya bakau...he3..manfaat hutan mangrove banyak ya, harus senantiasa dijaga.

    ReplyDelete
  10. Belum kesampaian nih main ke hutan mangrove. Pokoknya masuk agenda lah. Apalagi manfaatnya ternyata banyak.

    ReplyDelete
  11. Ah, baru tahu kalau manfaat hutan mangrove segitu banyaknya.. Terima kasih infonya mbak Eva

    ReplyDelete
  12. wah, harus sering-sering ke pantai supaya bisa merasakan manfaat dari mangrove.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah mengunjungi langsung..tapi suka terpesona lihat hutan mangrove. Semoga banyak yang peduli dan bisa melestarikannya ya

    ReplyDelete
  14. menjadi destinasi wisata barangkali manfaat tambahan saja ya? manfaat lain ternyata lebih keren. sejujurnya kita tertolong dengan adanya mangrove ini. thanks artikelnya mbak

    ReplyDelete
  15. Iya mbak, memang hutan Mangrove ini bisa jadi tempat wisata. Saya juga pernah ke wisata angrove di jakarta Utara dan emang enak juga tempatnya. Dan sekarang saya jadi tahu ternyata Mangrove ini juga banyak manfaatnya untuk lingkungan sekitar ya

    ReplyDelete